Laboratorium HI
Universitas Muhammadiyah Malang
Laboratorium HI
Universitas Muhammadiyah Malang

Profil

Profil Laboratorium Hubungan Internasional
 
Laboratorium Jurusan Hubungan Internasional memiliki tugas untuk meningkatan mutu penyelenggaraan kegiatan akademik, meningkatkan mutu layanan informasi serta meningkatkan mutu perencanaan yang diharapkan dapat
 
 menunjang kegiatan-kegiatan jurusan dan berupaya membekali mahasiswa dengan kemampuan menganalisis, mengembangkan kreatifitas, dan mengkomunikasikan hasil analisis dan kreatifitasnya kepada orang lain dengan bahasa Internasional yang dalam pelaksanaannya tidak lepas dari visi dan misi yang diemban Jurusan.
 
Tujuan Lab. Ilmu Hubungan Internasional :
  1. Membangun academic culture yang ilmiah dan bermartabat
  2. Menumbuh kembangkan sikap kritis di kalangan mahasiswa dengan berbagai diskusi (kajian analisis) tentang berbagai masalah Internasional serta memfasilitasi kegiatan praktikum mata kuliah.
  3. Memberikan bekal ketrampilan kepada mahasiswa di bidang Hubungan Internasional dalam penguasaan softskill melalui berbagai pelatihan.
  4. Menjalin kerjasama dengan berbagai instansi terkait dalam rangka menciptakan suatu iklim belajar mengajar yang kondusif sehingga menghasilkan lulusan dalam bidang Hubungan Internasional.
  5. Membentuk pribadi yang memiliki sikap mental professional di bidang Ilmu Hubungan Internasional, serta
  6. Menjadi sarana pengembangan diri mahasiswa dan dosen.
 
Fungsi Lab. Ilmu Hubungan Internasional:
            Lebih lanjut keberadaan laboratorium jurusan Ilmu Hubungan Internasional FISIP-UMM dalam kiprahnya memiliki fungsi sebagai berikut :
  1. Sebagai sarana praktikum untuk beberapa mata kuliah yang terbagi dalam dua semeter. Mata kuliah praktikum pada semester ganjil seperti diplomasi, Isu-Isu Internasional dan Domestik, dan Praktek Kerja Lapang (SE) sedangkan mata kuliah praktikum pada semester genap antara lain Organisasi dan Administrasi Internasional, Politik Luar Negeri Indonesia, Studi Perdamaian dan Resolusi Konflik.
  2. Sebagai pusat sumber rujukan tentang masalah-masalah Internasional, berupa literatur, bank data, artikel dan jurnal nasional/ Internasional, internet, dan berbagai informasi lain seperti ceramah, film dokumenter, hasil wawancara, dll.
1.      Sebagai sarana meningkatkan atmosfer akademik di jurusan Ilmu Hubungan Internasional dalam bentuk diskusi yang melibatkan dosen, mahasiswa dan pakar untuk membahas berbagai isu dan kajian Internasional.
2.      Sebagai pusat kursus singkat seperti training kepenulisan/ jurnalistik, public relation, dan kegiatan-kegiatan penelitian serta penerbitan buletin/ artikel yang membahas masalah-masalah Internasional.
3.    Sebagai salah satu pusat diskusi mahasiswa yang terbagi dalam beberapa isu atau kajian yang ada dalam laboratorium seperti CEAS, COMES, dan CIS.
4.      Sebagai media jurusan untuk menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga pemerintah dan non-pemerintah (LSM) dalam berbagai kegiatan seperti penelitian, pengembangan sumber daya jurusan.
 
Materi :
            Beberapa bentuk kegiatan belajar mengajar yang diselenggarakan dengan memanfaatkan fasilitas Lab. antara lain dikemas dengan bentuk:
a.       Bermain peran (Role Play)
b.      Diskusi/ seminar
c.       Pelatihan (training)
d.      Penelitian dan penulisan
e.       Penerbitan
f.       Pameran
g.      Pelatihan bahasa asing,
 
Beberapa kegiatan tersebut diharapkan mendatangkan hasil sebagai berikut :
    • Signifikansi peningkatan kemampuan soft skill mahasiswa HI dalam berdiplomasi, negosiasi, dan penyelesaian berbagai persoalan Internasional dengan menggunakan bahasa Internasional.
    • Kumpulan paper hasil kajian tentang berbagai masalah Hubungan Internasional
    • Kumpulan laporan hasil penelitian yang bisa dipakai sebagai referensi dalam analisis masalah Internasional
    • Penerbitan hasil pikiran, penelitian, dan kreatifitas civitas akademika HI UMM dalam bentuk jurnal dan buletin.
Shared: