Home

PRAKATA KEPALA LABORATORIUM HI     Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh   Selamat datang di website resmi Laboratorium Hubungan Internasional FISIP – UMM   Sebagai bagian dari Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Fakult...

Detail
about

Home

PRAKATA

KEPALA LABORATORIUM HI

 

 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Selamat datang di website resmi Laboratorium Hubungan Internasional FISIP – UMM

 

Sebagai bagian dari Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Muhammadiyah Malang, Lab. HI selalu bersinergi dengan visi, misi dan program yang telah ditetapkan jurusan baik yang bersifat akademik maupun non-akademik sebagaimana amanah dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Laboratorium Hubungan Internasional memiliki fungsi sentral dalam memberikan pengetahuan dan keahlian yang tidak cukup didapatkan dari perkuliahan dikelas, yaitu sebagai salah satu media peningkatan kemampuan kognitif mahasiswa Hubungan Internasional (hard skill) sekaligus membekali mahasiswa dengan keahlian lain yang dibutuhkan oleh pasar tenaga kerja saat ini (soft skill) serta memiliki fungsi lainnya yakni pembentukan budaya akademik yang lebih baik seperti budaya diskusi ilmiah dan budaya menulis ilmiah. Dengan adanya laboratorium ini maka mahasiswa seakan mendapatkan dunia Hubungan Internasional yang sebenarnya, meskipun dalam ruang yang terbatas.

Laboran Hubungan Internasional FISIP – UMM mempunyai tujuan jangka pendek dan panjang yang sangat penting untuk memberikan arah kepada tujuan utama yang ingin dicapai sekaligus memberikan kerangka kerja (framework) dan garis besar kebijakan yang akan disusun kemudian (guide line).

Tujuan jangka pendek pembentukan laboratorium jurusan Hubungan Internasional adalah sebagai berikut :

  1. sebagai sarana penunjang perkuliahan mahasiswa dan proses belajar mengajar.
  2. salah satu sumber rujukan literatur, informasi, bank data, jurnal ilmiah internasional serta informasi penting lainnya seperti pidato, film dan sebagainya.
  3. sebagai sarana praktikum mata kuliah yang memerlukan tempat khusus seperti praktek diplomasi, diplomatic course, public relations dan lain-lain
  4. salah satu pusat diskusi mahasiswa yang terbagi dalam beberapa isu atau kajian yang ada dalam laboratorium ini.

Sedangkan tujuan jangka panjang rencana pembentukan laboratorium jurusan Hubungan Internasional adalah sebagai berikut :

  1. Salah satu penunjang pembekalan mahasiswa dengan berbagai keahlian teknis diluar kajian Hubungan Internasional seperti jurnalistik, perbankan, manajemen dan lain-lain yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja baik didalam dan luar negeri.
  2. Menjadi lembaga penelitian masalah internasional dengan penerbitan jurnal ilmiah untuk mahasiswa dan dosen.
  3. Sarana pengembangan diri mahasiswa dan dosen
  4. Membangun academic culture yang ilmiah dan bermartabat

 

Semoga website ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa dalam memperoleh informasi dan layanan dari Lab.

 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

                                                                                                                 

                                                                                                                                                                                       Kepala Lab.HI

                                                                                                                                                                                       Ruli Inayah Ramadhoan, M.Si

Shared: